Beranda > Tekno > Pos
Unexpected

Nilai Saham Netflix Anjlok 35%. Apa Penyebabnya?


Thomas Reid
20 April 2022
Bagikan:

Gambar: Netflix

Netflix, sebagai salah satu situs video streaming terbesar di dunia, mengalami penurunan nilai saham yang cukup signifikan yaitu sebesar 35% per 21 April 2022. Ada apa gerangan?

Ternyata, ditanggal 20 April kemarin, Netflix mengumumkan laporan keuangan kuartal pertama 2022. Dilansir dari BBC, laporan keuangan Netflix menyebutkan bahwa terjadi penurunan subscriber Netflix sebanyak 200.000 pelanggan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama penurunan nilai saham Netflix.

 

1. Pelanggan beralih ke situs alternatif Netflix

Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun terakhir Netflix memiliki banyak pesaing yang akan terus bertambah. Beberapa contohnya ialah Amazon dengan Amazon Prime-nya, Paramount dengan Paramount+, Disney dengan Disney+, dan WarnerMedia dengan HBO Max-nya. Tidak hanya dari perusahaan besar dari Amerika, perusahaan streaming di Asia, khususnya dari Tiongkok seperti Bilibili dan perusahaan teknologi ternama Tiongkok Baidu dengan iQIYI.

 

2. Adanya pengguna berbagi akun Netflix

Netflix memiliki paket premium yang kelebihannya ialah dari satu akun Netflix tersebut, bisa digunakan oleh banyak perangkat maksimal 8 perangkat. Meskipun paket premium cukup mahal, tapi bila digunakan secara patungan dengan pengguna lain, maka harga tersebut bisa menjadi lebih murah dibandingkan dengan paket dibawah premium. Di Indonesia, bisnis berbagi akun ini seperti ini sangat marak terjadi, apalagi "patungan" sudah menjadi salah satu budaya di sistem perekonomian negara kita.

Banyaknya orang beralih ke sistem "patungan" terjadi karena faktor yang akan dijelaskan pada nomor 3.

 

3. Harga berlangganan Netflix naik

Ya. Harga Netflix mengalami peningkatan tiap tahunnya. Hal ini bisa disebabkan karena adanya inflasi di Amerika sehingga biaya operasional Netflix mengalami peningkatan. Tidak hanya itu saja, selayaknya manusia, semua orang akan bosan dengan acara yang itu-itu saja. Netflix mengalami peningkatan dari segi produksi film maupun seri original mereka untuk mempertahankan pengguna loyal mereka.

 

4. Penutupan situs Netflix di Rusia

Netflix menutup situs mereka di Rusia sebagai bentuk dukungan mereka terhadap kemanusiaan. Akibatnya, mereka terpaksa minggat dari Rusia dan meninggalkan banyak sekali pelanggan di dalamnya.

 

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan nilai saham Netflix jatuh signifikan. Apakah kamu pemegang saham Netflix? Sudah beralihkah kamu dengan saham yang lain?

Thomas Reid

Web developer dan penulis untuk website TAGISME. Melakukan semua hal yang dicintai dan mencintai apapun yang dilakukannya.