Beranda > Animanga > Pos
Lebih Baik Legal

Cara Nonton Anime Spy x Family Secara Legal dan Gratis di Indonesia


Thomas Reid
24 April 2022
Bagikan:

Gambar: ©Endo Tatsuya / Shueisha - Komite Produksi SPY x FAMILY

Update 4 Januari 2023

 

Anime SPY × FAMILY menjadi salah satu anime musim semi 2022 terpopuler, bahkan menjadi topik paling trending di Twitter setiap penayangan episode terbarunya. Anime yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama oleh Endo Tatsuya ini diproduksi oleh studio kenamaan WIT Studio (Shingeki no Kyojin Season 1-3 dan Vivy -Flourite Eye's Song-) bersama dengan CloverWorks (Yakusoku no Neverland dan Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai) telah tayang 9 April lalu.

 

Tapi, bagaimana cara menonton anime ini di Indonesia secara legal dan gratis? Ada tiga website yang bisa kamu akses untuk menonton SPY x FAMILY secara legal dan gratis yaitu melalui YouTube, iQIYI, dan Bilibili Bstation. Kamu bisa menyaksikan anime ini setiap hari Sabtu, jam 22.00 WIB. Apa saja perbedaannya dari tiga situs tersebut? Berikut paparannya:

 

1. YouTube (via Channel milik Muse Communication)

Kamu bisa mengakses anime SPY x FAMILY lewat channel milik Muse Communication yaitu Muse Asia dan Muse Indonesia. Bagi kamu yang ingin menggunakan subtitle bahasa Inggris, kamu bisa akses channel YouTube Muse Asia. Sebaliknya jika kamu ingin menggunakan subtitle bahasa Indonesia, kamu bisa mengunjungi channel YouTube Muse Indonesia. Subtitle yang diberikan pun bersifat hardsubbed (menjadi satu dengan videonya).

 

Karena video yang ditayangkan bersifat premiered, kamu pun bisa menonton dan berkomentar bersama dengan penonton yang lain di jam tayangnya yaitu setiap hari Sabtu, jam 22.00 WIB. Hanya saja, kamu hanya diberikan kesempatan '3 jam' dari jam tayangnya untuk menonton ulang kembali, setelahnya video tersebut akan disembunyikan dan kamu tidak bisa mengaksesnya kembali. Resolusi video yang didukung pun hanya mencapai 720p.

 

 

2. iQIYI

Selain dari YouTube, kamu bisa mengakses anime SPY x FAMILY lewat website milik perusahaan teknologi asal Tiongkok Baidu, iQIYI melalui link ini atau dari aplikasinya langsung di Apple App Store dan Google Play Store. Berbeda dengan YouTube channel milik Muse Communication, subtitle yang diberikan bersifat softsubbed (terpisah dari videonya). Kelebihannya ialah kamu bisa dengan bebas memilih bahasa yang kamu inginkan dari bahasa Inggris, Indonesia, Mandarin, Thailand, hingga Melayu.

 

Akan tetapi, video yang didukung hanya mencapai 720p untuk pengguna free plan dan pengguna free plan hanya bisa menonton episode sebelum episode terbaru karena episode terbaru hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar. Pengguna free plan juga hanya bisa mengakses tiga episode awal SPY x FAMILY Part 1 dan sementara ini semua episode SPY x FAMILY Part 2 dapat diakses secara gratis. Jika kamu ingin menonton semua episode terbaru hingga meningkatkan kualitas videonya hingga 1080p, kamu harus berlangganan terlebih dahulu mulai dari Rp 39.000,- per bulan dengan biaya promosi untuk pelanggan baru hanya Rp 19.000,- per bulan.

 

Saat ini, pengguna free plan hanya dapat menyaksikan tiga episode SPY X FAMILY Bagian 1 ditambah semua episode SPY X FAMILY Bagian 2. Ketentuan episode yang bisa ditonton oleh pengguna free plan dapat berubah sewaktu-waktu.

 

 

3. Bilibili Bstation

Tidak hanya YouTube dan iQIYI, kamu bisa mengakses anime SPY x FAMILY lewat aplikasinya langsung di Apple App Store dan Google Play Store maupun website Bilibili Bstation lewat link ini. Mirip dengan iQIYI, subtitle yang digunakan bersifat softsubbed dengan bahasa yang ditawarkan ialah bahasa Inggris, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

 

Sama dengan iQIYI, video yang didukung hanya mencapai 720p untuk pengguna free plan. Hanya saja, bila kamu tidak mendaftar akun Bilibili Bstation, kamu hanya diberikan resolusi video hingga 480p. Kamu bisa berlangganan Bilibili Bstation mulai dari $2 per bulan atau sekitar Rp 30.000 per bulan untuk mengakses video hingga resolusi 1080p.

 

Demikian cara menonton anime SPY x FAMILY secara legal dan gratis di Indonesia. Dengan menonton anime secara legal, kamu sudah mendukung kreator SPY x FAMILY itu sendiri. Apakah kamu sudah menonton SPY x FAMILY?

Thomas Reid

Web developer dan penulis untuk website TAGISME. Melakukan semua hal yang dicintai dan mencintai apapun yang dilakukannya.